Wednesday 8 July 2015

Mau Linux Ringan dan Keren, Install Elementary OS Freya Saja

Telah Rilis Elemantary OS freya. Sebelumnya Elementary OS telah merilis versi Luna, kali ini yaitu versi Freya ada juga yang mengatakan Versi ISIS, ntah apa yang menjadi alasan nama itu saya kurang tahu. Distro linux ini ringan loh kawand. Buat kamu yang mempunyai spek PC minim Elemantary OS bisa dijadikan pilihan. Buat pengguna sebelumnya yaitu versi Luna pasti udah merasakan smooth nya distro turunan ini. Selain Ringan tampilannya juga bagus. Bagus disini maksud saya keren sob tampilanya , hampir mirip dengan MacOS, kira-kira 11-12lah. 
Langsung Saja deh beirikut ini Cara Install Elemantary OS freya (Linux Keren+Ringan) :
cara Install Elementary OS Freya+linux ringan

1. Siapkan Bootable installan. Bisa pake CD/DVD maupun USB Flasdisk.
Untuk cara membuat bootable installan Berbagai jenis Linux dapat anda baca pada :
Cara Membuat Bootable Installan Linux Dengan Lily

2. Masukan Bootable Installan ke computer, Selanjutnya Restart Komputer. Pas proses boot tekan F12 atau fn+F12 tergantung dari merk laptopnya.

3. Letakkan Bootable Installan ke Paling atas . kalo pake CD/DVD ya tulisanya “CD/DVD..”, kalo pake flasdisk tulisanya “USB Storage Device”. Lalu “Enter”

4. Selanjutnya tunggu Proses Loading.

5. Setelah masuk system tampilan GUI Instalasi anda bisa memilih “Try” untuk mencoba sebelum menginstall. Atau bisa langsung Pilih “Install”

6. Pilih Next/Continue

7. Pada pemilihan tempat install pilih something else

8. Lalu Pilih partisi sebagai tempat install, apabila belum ada buat baru. Buat juga partisi untuk “swap area” ukuranya 2x besar memory RAM anda.

9. Ikuti Langkah proses Installasi seperti install distro Linux pada umumnya.

10. Setelah Selesai Klik Restart / bisa langsung Testing. Disarankan restart terlebih dahulu.

Untuk Lebih Jelasnya Dapat anda lihat di video berikut ini:


Nah Demikianlah Cara Install Elemantary OS freya yang ringan dan menawan. Sidebar menu nya transparan, Jam dan kalender di tengah kaya moding-modingan android gitu, keren . Terus udah ada widget dock nya. Untuk browser bawaan namanya “sidori” . Aplikasi bawaan Cuma beberapa sob. Seperti aplikasi office saja tidak ada. Jadi anda harus install sendiri untuk menambahkan. Lah ini yang menyebabkan Elemantary OS freya ringan, aplikasi bawaanya Cuma dikit. Berbeda pada distro lainya yang sudah memaketkan beberapa aplikasi baik itu yang biasa kita gunakan maupun yang kurang familiar kita kenal. Buat kamu yang tampil beda atau suka-suka Elemantary OS freya bisa dijadikan pilihan untuk di tempel di Komputer agan. Sekian.. Trims.


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *